Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Setelah Sholat Dhuha Latin Lengkap dengan Terjemah nya

 Doa sesudah sholat dhuha latin bisa mencoba Anda hafalkan. Sholat dhuha sendiri adalah satu diantara ibadah sunnah yang mempunyai keistimewaan penting kalau dijalankan. Salah satunya kelebihannya yaitu diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Rasulullah SAW pernah bersabda:

Doa Setelah Sholat Dhuha Latin Lengkap dengan Terjemahnya


"Barangsiapa yang jaga sholat dhuha, karenanya dosa-dosanya bakal diampuni walaupun sekitar buih di lautan," (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, serta Ahmad)

Buat sampai keistimewaan dari sholat dhuha, alangkah lebih baik buat kerjakan sholat dengan cara tepat dimulai dari bacaan doa saat sebelum sampai sehabis sholat dhuha.


Bagaimana bacaan doa sehabis sholat dhuha yang direkomendasi? Berikut merdeka.com bagikan bacaan doa sehabis sholat dhuha latin komplet dengan terjemahnya diberitakan dari beragam sumber.

Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan beribadah sunnah yang dijalankan di awalan waktu sehabis 20 menit matahari muncul sampai seperempat siang. Tata langkah sholat dhuha ialah sekurang-kurangnya ditangani dengan 2 rakaat dan bertambah banyak dengan kelipatan yang serupa.


Sholat dhuha sebagai beribadah yang tergolong sunnah. Berarti, menjadi kebun pahala buat mereka yang selalu menjalankannya tapi tidak dapat menjadi dosa seandainya dibiarkan. Akan tetapi, sholat dhuha yaitu beribadah sunnah yang teratur diselesaikan oleh Rasulullah SAW.


Tata Teknik Sholat Dhuha


Sebetulnya, garis besarnya tata teknik sholat dhuha sama seperti dengan pergerakan sholat pada biasanya. Tapi, ada ketidaksamaan pada bacaan niat sholat dan bacaan beberapa surat pendek. Berikut posisinya:

1. Membaca niat sholat dhuha


"Ushalli sunnatadh dhuhaa rokataini mustaqbilal qiblati adaaan lillaahi taaalaa"


Berarti:

"Saya kemauan sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat sekarang lantaran Allah Taala."


2. Takbiratul ihram (Allahu akbar)

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surah al-Fatihah.

5. Membaca surah pendek, dikedepankan buat membaca QS ad-Dhuha.

6. Ruku dengan tumaninah.

7. Itidal dengan tumaninah.

8. Sujud dengan tumaninah.

9. Duduk antara dua sujud dengan tumaninah.

10. Sujud ke-2  dengan tumaninah.

11. Berdiri kembali menjalankan rakaat yang ke-2 .

12. Membaca surah al-Fatihah.

13. Membaca surah pendek, dikedepankan untuk membaca QS as-Syams.

14. Ruku dengan tumaninah.

15. Itidal dengan tumaninah.

16. Sujud dengan tumaninah.

17. Duduk pada dua sujud dengan tumaninah.

18. Sujud ke-2  dengan tumaninah.

19. Tasyahud akhir dengan tumaninah.

20. Membaca salam melihat ke kiri dan ke kanan.

21. Membaca doa sholat dhuha.


Doa Sehabis Sholat Dhuha Latin dan Terjemahnya



للّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ


اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ



Latin: Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal 'ismata 'ismatuka


Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita 'ibaadakash-shalihiin.


Berarti: "Ya Allah, sebetulnya waktu dhuha itu waktu dhuhaMu, kecantikan itu ialah kecantikanMu, keelokan itu keelokanMu, kebolehan itu kemampuanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan pelindungan itu, pelindunganMu."


Ya Allah, bila rizki masih di atas langit, turunkanlah jikalau berada di dalam bumi, keluarkanlah, apabila susah mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila masihlah jauh dekatkanlah, lantaran waktu dhuha, keagungan, kemegahan, kebolehan dan kekuasaanMu, limpahkanlah ke kami semua yang sudah Kamu limpahkan terhadap hamba-hambaMu yang sholeh."

Keistimewaan Sholat Dhuha

1. Tergolong Sedekah yang Baik


Meskipun sebagai beribadah sunnah yang tak penting ditangani, sholat dhuha punya kelebihan yang baik sekali. Diantaranya yakni kalau dilakukan dipandang sebagai pahala sedekah.

Buat orang muslim yang rajin kerjakan sholat dhuha, karena itu dirasa sudah bersedekah pada jumlah yang banyak atas semua anggota badannya. Perihal itu seperti sabda Rasulullah SAW:


"Tiap-tiap pagi, batas anggota badan kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma'ruf ialah sedekah, nahi mungkar ialah sedekah, dan seluruhnya bisa ditukar dengan shalat dhuha dua raka'at," (HR Muslim).


2. Bawa Kecukupan Rizki


Keunggulan sholat dhuha yang teramat banyak didapati yaitu bisa bawa kecukupan rizki untuk seorang yang teratur menjalankannya. Hal tersebut seperti disebut dalam hadist berikut ini: 


"Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: 'Wahai Anak Adam, jangan sekali kamu malas kerjakan empat rakaat di awal siang (sholat dhuha), kelak dapat Saya penuhi kepentinganmu kelanjutannnya (sore hari)'," (HR Daud, Ahmad, Tirmidz).

3. Diampuni Dosanya

Keunggulan lain dari teratur melakukan sholat dhuha yakni diampuni semua dosa-dosanya di waktu lalu. Siapa saja yang melakukan sholat dhuha dengan teratur, jadi dosa sejumlah buih di lautan bakal diampuni Allah SWT.


"Siapakah yang melatih (mengawasi) shalat dhuha, dosanya dapat diampuni meskipun sejumlah buih di lautan."(HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)


4. Bikin sehat Badan


Tidak cuma secara rohani, sholat dhuha juga punya kegunaan buat kesehatan jasmani. Sholat saat pagi hari mendekati siang bisa lancarkan peredaran darah. Tidak hanya itu, udara pagi yang fresh bisa berfaedah buat pernafasan dan jantung.


Dengan rajin melakukan sholat dhuha, maka menolong bikin sehat sendi dan tulang. Berwudu saat sebelum sholat  menolong membikin muka dilihat tahan lama muda.


"Saat pagi hari disarankan buat semuanya sendi antara kalian untuk bersedekah. Tiap-tiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa jadi sedekah, tiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa jadi sedekah, tiap-tiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, serta tiap bacaan takbir (Allahu besar) bisa pula jadi sedekah.


Begitu juga amar maruf (ajak ke ketaatan) dan nahi mungkar (larang dari kemungkaran) yakni sedekah. Ini seluruhnya dapat dicukupi (ditukar) dengan menjalankan sholat Dhuha sejumlah 2 rakaat." (HR. Muslim no. 720).


5. Dijanjikannya Istana di Surga

Barangsiapa yang secara teratur melakukan sholat dhuha juga mendapati istana istimewa di surga nantinya waktu mendatang. Mengenai sabda tentang kelebihan sholat dhuha ini yakni seperti berikut,


"Siapapun sholat Dhuha 12 rakaat, Allah bakal membuat buatnya istana di surga." (HR. Tirmidzi serta Ibnu Majah).

Posting Komentar untuk "Doa Setelah Sholat Dhuha Latin Lengkap dengan Terjemah nya"